KERTANEGARA JADI RAJA SINGOSARI PADA TAHUN 1268-1292

Setelah mengetahui bahwa ayahnuya di bunuh Anusopati. Tohjaya membunuhnya, juga dengan keris gandring (tahun 1248), Tohjaya minta Lembu  Ampel membunuh saudara-saudara tiri lainya,, namun gagal bahkan , Tohjaya sendiri tewas secara ‘’hina’’

Demikian Ranggawuni (Anak Anusopati, Cucu Ametung dan Kendedes)memegang tampuk pimpinan dengan mengandung Mahesa Campaka (anak mahesa wong ateling, Cucu Ken arok dan Kendedes), keadaan menjadi aman tent6ram (tahun 1248-1268). Dwitunggal Ranggawuni (Wisnuwardhana) Mahesa Campaka (Narasinghamurni) memerintah sampai dengan akir hayat. Sejak itu keris gandring berhenti membunuh, mungkin, karna tahta sudah di pangku turun Ardanareswari Wisnuwardhana di candikan di waleri berlambang arca Syiwa. Sedangkan di jago berlambang arca budha. Setelah memerintah 20 tahun, Wisnuwardana di gantikan putranya, yakni Kertyanegara. (tahun 1268-1292).

Raja Kertanegara memindahkan Ibukota ke singosari, dan saat itu kerajaan Tumapel, di kenal sebagai kerajaan Singosari. Raja menjadikan kerajaan, yang sudah berkembang di bawah orangtuanya, lebih kuat lagi, Sang Raja adalah ahli filsafat, ahli bahasa, dan politikus ulung, kertanegara mengirim ekspidisi ke pemalayu dan campa di barat untuk menjalin persahabatan guna membendung pengaruh kaisar Mongol, dan ke timur untuk menaklukan Bali, Maluku dan Kalimantan.

Kertanegara menganiaya sebelum mengirim pulang Meng Chai, utusan Mongol Khubilai Khan yang meminta menundukan singosari,⁴¹ Kertanegara mempunyai 4 putri,  3 diantaranya di peristri Wijaya (anak Lembu Tal, Cucu, Mahesa Wongatling dan yang lain di peristri Ardharaja, anak Jayakatwang dari Kediri. Karnanya Raja tak percaya ketika di beritahu bahwa besan dan menantunya itu akan menyerang singosari.

2 Komentar

  1. tantri said,

    Jumat 20 September 2013 pada 8:46 PM

    susahya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: