KEN AROK JADI RAJA TUMAPEL, DIRIKAN DINASTI RAJASA PADA TAHUN 1222

Ken Arok adalah putra pasangan Brahmana Gajah para dan Ken Endok. Putrid petani desa pangkur. Ken Arok ambisius berpikiran maju dan ingin menghentikan ketidak adilan yakni kebebasan pribadi telah hilang semenjak pemerintahan Kertajaya, Setiap lalim Raja di ikuti juga oleh para bawahanya, termasuk tunggul ametung di tumapel.; namun Ken Arok pun dapat di sayangkan dalam mencapai cita citanya sering memakai jalan pintas, Machiavelis, termasuk bekerjasama dengan beromocarah; melawan ketidak adilan (Kelalain) menggunakan ketidak adilan (keganasan).

Karena ambisi untuk menurunkan Raja-Raja. Tunggul Ametung³¹ tidak memilih istri dari kotatetapi menculik Kendedes (Putri pendeta Buda Mahayana dari panawijen). Mungkin Tunggul Ametung tau bahwa kendedes adalah seorang Ardhanareswari,  Wanita yang mempunyai Rahim Agung, yang dapat di percaya menurunkan Raja-Raja di Tanah Jawa. Setelah penculikan, Mpu Purwa Widada, ayah Kendedes, bersumpah: ‘…..sermoga yang melarikan anakku tidak lanjut mengenyam kenikmatan . semoga di tuisuk keris dan diambil isinya.”

Demikian melihat bagian bawah pusar Kendedes Bercahaya (Rahasyanira katon murup).  Ken Arok betekat mengawininya, dengan Cara apapun,. Agar dapat mendekati Ken Dedes, Ken Arok melamar untuk menjadi perajurit Pakuwon Tumapel (1220), Kemudian Kenarok minta Mpu Gandring untuk membuatkan keris. Yang harus di selesaikan dalam waktu lima bulan. Kecewa karna keris terlambat di selesaikan ken arok marah,Merebut keris yang belum jadi, dan menikamkanya kedalam tubuh Gandring. Sebelum Meninggal, Gandring bersumpah:  Arok, kelak akan mati oleh keris itu juga, anak cucumu akan mati oleh keris itu juga Tuju orang Raja akan mati karena keris itu.

Ken Arok berhasil membunuh tunggul Ametung, dengan ‘Nabok Nilih Tangan’ Miula mula ken Arok pinjamkan keris kepada mitra karibnya yang adalah abdi kinasih Ametung, Kebo Ijo , sehingga terbentuk opini masa kebo ijolah pemiliknya, ketika Ametung tewas kena tikam Keris Gandring, serta merta kebo ijo pun di tuduh sebagai aktornya, dan di hu8kum mati, juga dengan keris gandring, sehinmgga kenarok memelihara anak kebo ijo untuk menunjukkan betapa kenarok  tidak melupakan sahabatnya yang benasib buruk; namun di balik itu sebenarnya Yang ken arok inginkan agar dirinya selalu dapat  “ mengawasi”si anak malang itu (1222).

Hanya dengan dua tahun prajurit Ken Arok berhasil menjadi penguasa tumapel. Bergelar  Sri Rajasa Bhattara Sang Amurwabhumi atau Girindrawangsaja (1222-1227). Dan yang lebih penting Ken Arok berhasil memperistri  janda Sang Akuwu, yang di yakininya sebagai perempuan yang menyimpan wahyu kekuasaan sehingga dapat menurunkan Raja-Raja di tanah jawaDengan Ken Dedes, Ken Arok berputra Lima Orang, Mahesa Wong Ateling, (kelak menurunkan Wijaya, Raja ! Majapahit, Saprang, Agnibaya, Dewi rumbi, dan seorang tak di ketahui namanya . dengan Ken Umang, Ken Arok Berputra 4 Orang, Tohjaya, Sudhatu, Wergola, Dewi Rambi.

Ken Arok belum puas, karena yangdi kehendaki adalah, selain dapat wanita idaman, tahta Kediri, bukan sekedar kursi pakuon tumapel, kerajaan Kediri pasti lebih berharta ketimbang pukuon tumapel. Menggaet para brahmana Kediri yang kebetulan sedang konflik dengan sang Raja, Ken Arok berhasil mengaalahkan Kertajaya. Ken Arok mengumumkan pakuon tumapel sebagaei kerajaan tumapel, Embrio kerajaan Singosari yang kuat, aman dan makmur, Tiga tiganya kalah di tangan kenarok.

Ken Arok adalah pendiri Dinasti Rajasa. Sebagai cikal bakal kerajaan majapait, menggantikan dinasti sanjaya, penguasa medang Kamulan. Dua Raja majapahit yang termasyur memakai Gelar Rajasa, mungkin untuk menghargai faunding father mereka, yaitu raden Wijaya bergelar Kertarajasa Jayawardhana dan Hayamwuruk bergelar Sri Rajanegara. Dalam masa pemerintahan Ken Arok, Mpu Tanakung mengarang Kakawin Wrettasancaya dan kakawin Lubdhaka.

Anusopati setelah mengetahui Ken Arok bukan ayah kandung dan bahjan justru actor intelektual pembunuh ayah kandung Anusopati, membalas dendam. Dengan keris Gandring yang di dapat dari sang Ibu, Ausopati perintahkan Abdinya, Batil Pengalasan untuk membunuh ken arok. Setelah berhasil, anusopati (meniru ken arok) seolah olah bertindak sebagai penyelamat raja. Menikamkan keris gandring ke abdhinya yang telah berjasa membunuh musuhnya, Anusopati menjadi Raja setelah menyuruh membunuh pembunuh ayah kandungnya dan membunuh pembunuh ayah tirinya (1227-1248).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: