DINSASTI SYILINDRA TAHUN 752

DINSASTI SYILINDRA (BUDHA MAHAYANA DARI SUMATRA) PADA TAHUN 752

Sewafat sanjaya,Banu, (752-775), dari dinasti syailendra mulai lebih menonjol perannya ketimbang penguasa dari dinasti sanjaya. Dinasti Syilindra (Budha Mahayana) mulkai menggantikan dinasti sanjaya  ketika Banu menempatkan Penangkaran (760-780) dari dinasti Sanjaya di bawah kekuasaanya,pada zaman ini di dirikan setupa terbesar di dunia yang “ memuncaki” bangunan awal Candi Borobudur yang telah di buat sebelumnya oleh sanjaya , candi Borobudur  di bangun bercorak tradisi jawa kuno, sebagai candi yang berteras dan melambangkan alam raya ( teras paqling bawah di hiasi ukira ukiran menurut alam Budhisme Mahayana).

Indra ? (776-782), dua tahun setelah mengganti Banu, memerintahkan penangkaran untuk mendirikan bangunan bagi Dewi Tara (Istri Budha) di daerah kalasan (prasasti kalasan ,778), dan sebuh biara untuk para biksu dari kerajaan Syailindra.

Wisnu? (782-812), pengganti Indra, memerintahkan pembuatan arca Manjustri yang padanya mengandung Budha, Darma, dan sanggha, yang dapat di paankan dengan Brahma, Wisnu, Maheswara atau syiwa, semuanya keturunan adam (gambar1)

Samaratungga (812-833), Menggantikan Wisnu, dalam masa pemerintahanya, Candi Borobudur sebagian di selesaikan, sedangkan candi mendut dan candiPawaon saelesai di dirikan (825), pengangkatan putrinya pramodhawardhani menjadi raja memnbuat Balaputradewa (adik tiri pramodhawardhani ), bentrok dan melarikan diri ke swarnadwipa, tempat ia mewarisi tahta kerajaan sriwijaya dari kakeknya,Dharmasetu(833-868).

Pramodhawardhani (Budha dinasti Syilendra, 833-840) menikah dengan pikatan (hindu Syiwa, dinasti sanjaya,840-868).Mereka menyatukan kembali kedua dinasti, dan memusatkan pemerintahannya di istana Ratu Boko. Dan sejak itu berakirlah dinasti Syailendra di Jawa, setelah bertahan satu abad (sejak 752 sampai 840).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: