TUGAS BAHASA INDONESIA

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI

PENGOLAHAN DATA BAGIAN RUMAH TANGGA

PADA STMIK AMIKOM YOGYAKARTA


PROPOSAL PROYEK TUGAS AKHIR

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat

Mencapai derajat Sarjana S-1

Program Studi Teknik Informatika

 

 

       KELOMPOK:E

Nama: Sarjiyono                      Nim: 12090774

Nama: Rusi Priyanti                  Nim: 12090776

Nama: Syaiful Anwar              Nim: 12090787

Nama: Andri Wibowo             Nim: 12090872

Nama: Eka Sri Purwanti           Nim: 12080562

Nama: Bagus Cahyadi             Nim: 12090759


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA PROGRAM STUDI STRATA 1

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN ILMU KOMPUTER

EL RAHMA YOGYAKARTA  TAHUN 2011

BAB I

PENDAHULUAN

I           Latar Belakang Masalah

Setiap saat kita mendengar suatu ungkapan, bahwa sekarang kita  berada dalam era informasi.Begitu mudahnya orang mendapatkan informasi yang meraka butuhkan, baik berupa informasi dari media cetak maupun elektronik.Pandangan seperti ini kita ketahui bahwa merupakan suatu fenomena yang terjadi ini sudah mendunia dan berlangsung sangat pesat sesuai dengan tingkat perkembangan dan terobosan di bidang teknologi informasi itu sendiri. Maka perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian hari makin berkembang dengan cepat, terutama teknologi informasi. Informasi merupakan data yang telah diolah menjadi bentuk yang sangat berarti bagi si penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat itu atau pada waktu yang akan datang, jadi informasi dapat diperbaharui serta memberikan tambahan bagi informasi yang sudah ada. Dari hal tersebut dapat dikatakan bahwa informasi mempunyai fungsi untuk menambah pengetahuan, mengurangi ketidakpastian dan sebagai pengambil keputusan.

Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi khususnya dalam bidang komputer sehingga pada zaman sekarang ini komputer bukan lagi merupakan hal yang aneh bagi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya penggunaan komputer diberbagai bidang.

Seperti halnya pada Bagian Rumah Tangga STMIK AMIKOM ini yang juga memerlukan sistem komputerisasi untuk meningkatkan pelayanannya terhadap karyawan dan mahasiswa juga dalam pembuatan laporan yang digunakan oleh second manajemen untuk mengambil keputusan dan penyusunan anggaran, disalah satunya adalah sistem komputerisasi pada sistem informasi pengolahan data bagian rumah tangga.

Sistem informasi pengolahan data pada bagian rumah tangga di STMIK AMIKOM ini belum terkomputerisasi untuk itu penulis akan merancang sistem informasi tersebut agar dalam pendataan barang masuk dan keluar bisa ditangani dengan lebih mudah. Sehingga bisa lebih efektif dan efisien dalam hal waktu, biaya dan tenaga. Dengan program ini diharapkan bisa memberikan kemudahan dalam mendata stok barang, mendata barang dari gudang sampai ke bagian yang membutuhkan dan kembali lagi ke dalam pendataan di gudang sesuai dengan stok awalnya.

II         Rumusan Masalah

Dalam Kerja Praktek ini rumusan masalah yang ditangani penulis adalah :

  1. Bagaimana cara mengimplementasikan sistem informasi pengolahan data bagian rumah tangga pada STMIK AMIKOM Yogyakarta.

III        Batasan Masalah

Batasan masalah yang diambil penulis adalah :

–          Pendataan stok barang di gudang

–          Sirkulasi barang ke bagian lain di STMIK AMIKOM

–          Laporan pengeluaaran suplies perbagian

IV        Tujuan Penelitian

Tujuan dari Proyek tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

Dapat mengimplementasikan rancangan sistem informasi pengolahan data barang.

V         Manfaat Penelitian

      Manfaat yang dapat diambil dari Proyek tugas akhir ini adalah sebagai berikut :

            Dapat memberikan kemudahan pada bagian rumahtangga dalam pengolahan data barang dan memberikan informasi kepada pimpinan, dapat memberikan pelayanan yang baik kepada bagian-bagian lain

VI        Tinjauan Pustaka

Sistem inventori data pada X-fire computer store, Kokoh adhi, Panglima

   (2006.)

Pada karya-karya diatas pada umumnya hanya pendataan stok barang, sedangkan yang aplikasi yang di buat penulis adalah aplikasi pengolahan data barang dari menstok barang, pembelian dan pendistributiannya.Sehingga dengan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagian kerumahtanggaan dalam pengolahan data barang.

VII      Metode Penelitian

  1. Metode Wawancara

Yaitu data yang diperoleh dengan wawancara langsung dengan Bagian Rumah tangga mengenai masalah yang dihadapi.

  1. Metode Pengamatan (Observation)

Yaitu data yang diperoleh dengan pengamatan dan penelitian secara langsung suatu obyek yang diteliti sehingga tahu permasalahan yang dihadapi.

VIII     Sistematika Penulisan

            Untuk mempermudah penulisan laporan kerja praktek ini, penulis menggunakan sistematika penulisan laporan kerja praktek sebagai berikut :

            BAB I : PENDAHULUAN.

            Pada bab ini berisikan tentang latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat kerja praktek, metode pengumpulan data, sistem penulisan dan jadwal pelaksanaan kegiatan.

BAB II : TINJAUAN UMUM

Pada bab ini berisikan tentang gambaran umum STMIK AMIKOM yang didalamnya memuat sejarah singkat, visi dan misi pelayanan, dan juga bagan dari struktur organisasi didalamnya.

 

BAB III : DASAR TEORI.

            Pada bab ini membahas tentang pngertian sistem, struktur sistem informasi dan pengenalan software yang digunakan.

            BAB IV : PEMBAHASAN

            Pada bab ini akan diuraikan secara lengkap tentang tahap demi tahap proses pembuatan database transaksi pengeluaran barang dalam bentuk aplikasi dengan menggunakan perangkat lunak utama yaitu Microsoft SQL server 2000 dan Microsoft Visual Basic 6.0.

            BAB V : PENUTUP

            Pada bab ini beirsikan tentang kesimpulan dan saran atau kritik terhadap peneliti guna menghasilkan karya yang lebih baik.

            DAFTAR PUSTAKA

            Pada daftar pustaka ini berisi tentang sumber-sumber yang digunakan penulis dalam menulis laporan, baik berupa buku, koran, atau karya tulis milik orang lain.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: