MIKUL DUWUR MENDEM JERO

BAB VI –BEBERAPA CATATAN

MIKUL DUWUR MENDEM JERO

Catatan berikut sama sekali bukan suatu kesimpulan tentang kisah para leluhur dan yang di luhurkan; catatan hanya di maksudkan sebagai butir butir penting, yang masih releven sampai sekarang (setidaknya menurut pendapat penulis):

  1. Melik ngendong lali, baikmelik atas harta, wanita, dapat menjadi salah satu penyebab keruntuhan penguasa betapapun kuat dan sakitnya, seorang penguasa, bahkan setiap orang, agar tetap segar dan selamat manakala senantiasa ingat untuk tidak melikan  (rakus) atas nikmat duniawiah: monay power sex ¹⁶⁵⁹

  1. Ana kodrat ana Wiradhat, tetapi ahirnya kodrhat illahi hal yang menentukan segalanya, Seseorang seyogyanya menerima dengan sabartawakal dan bersukur, baik dikala menemui kegagalan atau menemui musibah, maupun di kalameraih kesuksean atau mendapatkan rezeki; Kecukupan, kebahagiaan.

  1. Sepi ing pamerih; merupakan salah satu dari 4 prinsip manajemen Jawa, dan masih releven hingga kini. Seseorang seyogyanya tulus iklas dalam menjalankan tugas dan kewajiban, mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan atau golongan.

Sangatlah mengena yang di katakana DR. Jendral (Purn) T.B. Simatupang tatkala di minta memberikan kesan terhadap HB IX pada Hutnya yang ke-70: dalam diri HB IX memang telah bertemu factor-faktor dan sifat-sifat yang merupakan kombinasi yang jarang bahkan bahkan mungkin toidak pernah tepat…biasanya suatu kekuasaan yang traduisional menentang revolusi, biasanya suatu revolusi meniadakan semua  kekuasaaan  yang tradisional…..sultan telah menyumbangkan wibawa tradisionalnya kepada revolusi Indonesia, disitulah terletak keunikan dalam peran HB IX dalam sejarah perjuangan kita…”¹⁶⁶¹

Namun sebagai insane yang tidak sempurna, seyogyanya dapat mengepankan yang baik dan berupaya menjauhkan yang tidak baik, Mikul Duwur Mendem Jero.

Teks: Sarjiono

Sejarah Babat Tanah Jawi (Kisah Para Leluhur Dan Yang Di Luhurkan )

Terbitan (Kedaulatan Rakyat)

(Data primer dan berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: