E. Wisata Jogja

1.      Lapangan Golf Cangkringan

Lapangan golf bertaraf internasional dengan 18 hole, memiliki nuansakhas berlatar belakang pamandangan gunung Merapi , terletak 23 km ke arah utara dari kota Yogyakarta, di Cangkringan , Sleman, Yogyakarta.

2.      Batik dan Perak

Batik merupakan kerajinan Jawa yang sangat populer. Ada dua macam jenis Batik, batik tulis dan dan batik cetak. Batik tulis jauh lebih mahal harganya dibanding batik cetak, karena pembuatannya membutuhkan waktu dan keahlian tersendiri. Batik dapat dijumpai dalam berbagai macam rupa, mulai kemeja, celana, kebaya, dan lain-lain. Motif dan gayanya pun lain-lain, ada Jogja, Solo, Pekalongan, dan lain-lain. Ratusan penjual batik tersebar di seluruh penjuru Jogja, mulai kelas kakilima sampai kelas butik. Silakan klik DI SINI dan lihat di bagian batik untuk menemukan toko dan pengrajin batik di Jogja.

Jogja juga dikenal dengan kerajinan peraknya. Ratusan pengrajin dapat Anda temukan di kota ini terutama di daerah Kotagede. Di sana Anda dapat temukan puluhan toko dan pengrajin perak yang menjual kerajinan perak. Dari mulai perhiasan, patung, hingga peralatan rumah tangga.

3.      Pusat Pelestarian Satwa Jogja

Pusat Pelestarian satwa Jogjakarta (PPSJ) ini merupakan suatu Lembaga yang dirancang dalam rangka merehabilitasi satwa sebelum dikembalikan ke habitatnya. Lokasi PPSJ terletak di Desa Paingan Sendangsari Pengasih Kulonprogo, 4 km dari Kota Wates atau 25 km dari kota Yogyakarta, yang menempati area seluas 13 ha di atas perbukitan Menoreh dengan panorama yang sangat indah. Disamping sebagai pusat Rehabilitasi satwa, PPSJ juga dapat dimanfaatkan sebagai Obyek Wisata Pendidikan, meningat PPSJ inidilengkapi dengan saran pertemuan, seminar, dan fasilitas Akomodasi.

4.      Pabrik Cerutu Tarumartani

Sejarah perusahaan cerutu Taru Martani dimulai tahun 1918 saat seorang produsen carutu dri Belanda mendirikan perusahaan cerutu Perseorangan di Yogyakarta. Sejak tahun 1918, Taru Martani senantiasa menciptakan formulasi campuran tembakau cerutu yang bercita rasa tinggi guna memenuhi keinginan dari pecinta cerutu sejati. Saat ini Tatu Martani memproduksi 14 jenis cerutu yang sudah dikenal di seluruh dunia, yaitu: Cigarillos, Extra Cigarillos, Senioritas, Panatella, Half Corona, Corona, Super Corona/Grand Corona, Boheme, Royal Perfecto, Rothschild, and Churchill.

5.      Wisata Herbal Mahkota Dewa

Paket Wisata Herbal Mahkotadewa Ny. Ning Harmanto adalah satu paket wisata yang terdiri dari Klinik, Kebun dan Kedai Herbal Mahkotadewa Ny. Ning Harmanto yang terletak di Jl. MT. Haryono 46 Yogyakarta.

6.      Taman Pintar Jogja

Taman Pintar adalah sarana wisata edukasi masyarakat Jogja. Anjungan sebagai media untuk menyampaikan materi isi disusun secara menyeluruh mulai dari anjungan sebagai sarana permanainan, anjungan yang bersifat pengenalan, anjungan materi dasar eksakta hingga anjungan yang memaparkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perencanaan anjungan materi isi disusun dengan konsep permainan dan pemaparan yang diikuti dengan penjelasan materi yang disampaikan.

7.      Wijilan, Sentra Gudeg Jogja

Pusat Warung gudeg ini berderet di sebelah selatan Plengkung Tarunasura (Plengkung Wijilan) ini memiliki sejarah panjang. Ibu Slamet adalah orang pertama yang merintis usaha warung gudeg di tahun 1942. Beberapa tahun kemudian warung gudeg di daerah itu bertambah dua, yakni Warung gudeg Campur Sari dan Warung Gudeg Ibu Djuwariah yang kemudian dikenal dengan sebutan Gudeg Yu Djum yang begitu terkenal sampai sekarang. Ketiga warung gudeg tersebut mampu bertahan hingga 40 tahun. Sayangnya, tahun 1980′an Warung Campur Sari tutup. Baru 13 tahun kemudian muncul satu lagi warung gudeg dengan label Gudeg Ibu Lies. Dan sampai sekarang, warung gudeg yang berjajar di sepanjang jalan Wijilan ini tak kurang dari sepuluh buah.

8.      Kampung Turis Prawirotaman Yogyakarta

Kampung Prawirotaman sendiri lokasinya mudah dicapai, karena berjarak sekitar 5 kilometer arah selatan Jogja. Banyak turis asing maupun domestik yang menyenangi kawasan ini karena berbagai kemudahan fasilitas yang ditawarkan. Seperti hotel maupun penginapan serta café-café yang jumlahnya mencapai puluhan. Sementara harga berbagai cindera mata juga tergolong miring seperti handicraft dan batik yang mudah didapat di sekitar Prawirotaman.

9. MalioboroMalioboro merupakan Jogja kecil. Pasar tradisional, pedagang kaki lima sampai pusat perbelanjaan modern ada di sana. Lagi pula, Malioboro merupakan tempat persinggahan tetap bagi wisatawan yang datang ke Jogja. Ribuan pedagang kaki lima dan pertokoan menawarkan pilihan souvenir untuk oleh-oleh sahabat, teman atau orang di rumah. Di Malioboro, souvenir barang yang dijual bisa didapat dengan harga yang sangat murah. Sementara, pertokoannya menawarkan beragam motif pakaian dan kain batik dengan desain eksklusif serta gift soft yang unik. Semuanya ada di sini, mulai yang berkelas sampai ke murah meriah. Pusat jajanan seperti ini juga banyak dijumpai di sepanjang Jl. Mataram, yang letaknya di sebelah timur Malioboro.

*dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: