Membangun Jaringan Nirkabel di Rumah Anda

Anda memiliki beberapa komputer di dalam rumah dan anda menginginkan semua komputer tersebut tersambung dalam satujaringan kecil. Sebenarnya ada 2 cara untuk menyambungnya, yang pertama adalah menggunakan kabel, dan yang kedua secara nirkabel. Yang akan dibahas disini adalah sambungan secara nirkabel, karena sambungan menggunakan kabel sudah kurang diminati dikarenakan kebutuhan kabel yang panjang serta dari segi estetika yang kurang menarik.

Untuk mempermudah, pembahasan akan dibagi mejadi 4 kategori yakni, persiapan alat, sambungkan modem ke router, pengaturan jaringan, serta yang terakhir adalah sambungkan komputer ke jaringan secara nirkabel. Marilah kita mulai.

Persiapan Alat

Perangkat yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah modem cable, wireless router, serta beberapa wireless receiver bagi komputer yang memerlukannya.

Modem cable berfungsi sebagai jembatan penghubung antara penyedia layanan Internet dengan anda. Di Indonesia layanan yang paling worth it adalah Firstmedia, walaupun banyak sekali komplain tentang pelayanan kustomernya yang kurang profesional. Namun jika daerah anda belum tercover oleh layanan ini mungkin anda boleh mempertimbangkan untuk menggunakan layanan IndosatM2 cable Internet.

Wireless Router berfungsi untuk menyambungkan serta memberikan akses Internet kepada seluruh komputer ataupun laptop yang terhubung ke alat ini. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan jika sudah tersambung ke alat ini adalah, berbagi dokumen antar komputer, dan juga streaming video maupun audio.

Wireless receiver berfungsi untuk menangkap sinyal wireless yang disebarkan oleh wireless router. Biasanya terpasang pada komputer (PC) dengan menggunakan USB ataupun PCI card. Namun jika anda menggunakan laptop, biasanya tidak memerlukan alat ini, karena sudah built-in.

Sambungkan Modem dan router

Kami asumsikan anda telah berlanganan salah satu dari servis yang sudah dijelaskan diatas (Firstmedia ataupun IndosatM2), sekarang saatnya anda sambungkan modem anda ke wireless router anda dengan menggunakan kabel ethernet (biasanya pembelian modem disertakan kabel ini). Harap diperhatikan dalam menyambungkan ke router, jangan sampai salah port. Biasanya tertulis connection to modem (Internet/WAN) seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini (yang berwarna hijau)

Untuk connections to computers tidak perlu digunakan mengingat jaringan yang akan kita buat adalah jaringan nirkabel.

Pengaturan Jaringan

Untuk bisa mengatur jaringan, anda memerlukan 1 komputer untuk terhubung ke router, karena pengaturan router dilakukan secara “online” menggunakan Internet Explorer. Coba gunakan laptop dan sambungkan kabel ke salah satu port yang bernomor 1~4 (untuk sementara saja, guna pengaturan awal). Setelah itu anda buka Internet Explorer lalu ketik kan alamat berikut ini 192.168.1.1 kemudian masukkan username dan password (biasanya username admin, password admin). Anda harus melihat buku panduan dari router bersangkutan untuk bisa mengetahui username dan password.

Ada 3 hal mendasar dalam pengaturan router anda, yang biasa digunakan.

  1. SSID adalah nama network anda, bisa anda isi apa saja.
    Screenshot dibawah ini mengambil interface dari router merk TP LINK TL-WR642G

  1. WEP berfungsi untuk memberikan sedikit keamanan pada network anda, karena setiap komputer yang ingin terhubung ke jaringan anda, diharuskan untuk memasukkan password.
    Anda bisa memilih berapa bit enkripsi password yang anda inginkan, dalam kasus dibawah ini, 64bit terdiri dari 5 karakter saja. Anda bisa memilih 128bit (13 karakter).
    Screenshot dibawah ini mengambil interface dari router merk TP LINK TL-WR642G

  1. Ganti Administrasi password anda. (supaya tidak di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab). Administrasi password adalah password ketika anda masuk ke interface router (secara default username dan password adalah admin).

Sambungkan komputer ke jaringan secara nirkabel

Kemudian saatnya anda sambungkan semua komputer (PC maupun laptop). Biasanya secara otomatis wireless receiver akan menangkap sinyal yang disebarkan oleh wireless router, seperti gambar dibawah ini.

Kemudian anda klik 2x pada Cimory dan masukan password seperti yang sudah anda set sebelumnya dan anda sudah terhubung ke jaringan nirkabel Cimory. Tentu saja Cimory hanya contoh, anda bisa memberi nama apapun sesuka anda untuk jaringan nirkabel anda.

Semoga bermanfaat bagi twentea’ers yang mempunyai niat untuk memasang jaringan nirkabel di rumah. Sangat disarankan untuk meletakkan perangkat nirkabel (modem cable serta wireless router) dibagian tengah ruangan, sehingga sinyalnya bisa mencakup seluruh isi rumah.

downloud selengkapnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: