BABAT TANAH JAWA BAB 1- PRA MATARAM ISLAM

KERAJAAN MATARAM KUNO ( HINDU-BUDA) di lembah Progo dan Opak (jawa tengah)

DINASTI SANJAYA (HINDHU SYIWA) DI DEKAT MEDARI Tahun 732

 Pada abad ke 8 kerajaan pra mataram islam (Mataram kuno) memerintah di jawa tenghah dengan sanjaya  (Hindu syiwastik) berkuasa di kawasan utara (kedu) sedangkan Syilindra (Buda Mahayana) berkuasa di kawasan selatan (Bagelan dan mataram). Candi candi hindu (Dieng,Prambanan dan Dll) dan Buda

(Borobudur,Mendut,Kalasasn,Dll). Membuktikan pada masa  bersamaan di jawa terdapat agama besar yang bertoleransi.

 Kewalahan menghadapi tekanan  raja Sriwijaya, Syilendra melarikan diri dari Swarnadwipa untuk berlindung kepada Sana, penguasa kerajaan mataram kuno. Meski berbeda agama, Syilindra lalu mendapat perlindungan dan tempat kawasan selatan kerajaan mataram kuno, Syilindra³ mendirikan kerajaan medang kamulan (Medang gele) dengan ibukota bagelan (selatan purworjo, jawa tengah). Sanjaya (732-7520, putra sanna (dari Sunda jawa barat) dan istrinya (cucu dari ratu Shima dcari kalingga, antara birma danb campa) telah berkuasa di mataram kuno dengan ibukota di dekat desa medari, selatan magelang. Sanjaya pendiri dinasti, sanjaya yang ketika itu lebih menonjol ketimbang dinasti syilindra, adlah seorang ahli, baik dalam kitab keagamaan maupun dalamolah keprajuritan, pada masa pemerintahannyamulai di bangun candi candi hundu syiwastik di dataran tinggi (plateau0 Dieng dan tahap awal candi Borobudur( Baru 2 “teras”?), Sanjaya menaklukaan daerah sekitarnyadan mewujutkan ke makmuran, sampai Jawa barat, jawa timur, dan Bali .bahkan Melayu pun di peranginya, Ekspansi tersebut merupakan ancaman bagi sriwijaya.

Sanjaya mendirikan Prasasti Canggal,⁴ berupa sebuah lingga⁵ 9Lambang Sywa) di bukit daerah kunjarakunya di jawa duwipa serta tiga candi perwara (pendamping).  

 Sebelumnya ada kerajaan kerajaan hindu-budha di Nuisantara yaitu:

KUTAI KERTANEGARA ( hindu aliran Sywa di tepi S, Mahakam kaltim). Ibukota kerajaan di Muarakanan, yang kemudian di sebut Tenggarong (tangga Arung Tempat Raja), didirikan pertama oleh raja KutaiKudungga, raja lainya yang terkenal adalah Aswawarman, dan Mulawarman, Walaui tidak di ketahui kapan kerajaan kutai berdiri dan berakir, namun keberadannya yang di tandai dengan prasasti tujuh batu, yupa, sebagai kerajaan tertua di nusantaratidak terbantahkan.

Tarumanegara (Hindu di panatai utara antara S, Cisadane dan S. Cianjur, Bekasi Jawa barat), sebagai penerus keajaan Salakanegara (Pandegelang), yang di dirikan oleh seorang imigran India, Dewawarman (130-168) menantu Raja dewawarna VIII (430-362) Jayasingawarman mendirikan kerajaan Tarumanegaran (362). Raja yang terkenal lainnya adalah Sri Purnawarman (395-434, dengan prasasti Ciarutuen Bogor (Tapak kaki Purnwarman). Guna menghindari perang saudara, menantu raja terahir, Tarusbawa (669-723). Membagi keajaan menjadi dua, yaitu Sunda Pakuan di sebelah barat S, Citarum, dan galuh Kawali, di sebelah Timur S. Citarum (670), kerajaan melemah karena serangan Kerajaan dari Sriwijaya.

 Sriwijaya ( Buda Mahayana di tepi S. Musi, Palembang Sumatera Selatan), Kerajaan di dirikan            Tahun 670, mulanya di dirikan sebagai kerajaan Melayu , yang terletak di muara takus, Bangkinang Riau, kemudian Sriwijawa melebarkan sayap ke Sumatra, Jawa barat, Kalimantan,Semenanjung malaka, bahkan menaklukkan kerajaan Melayu, (676), Masa keemasan pada abad ke -9 saat di perintah oleh Balaputradewa, Putra Semaratungga dari dinastri Syilindradi jawa, ia berhasil mengelola sumber airdan mengembangkan pedagangan, sehingga termasur sampai ke negri Cina, Siam, dan india , angkatan lautnya menguasai dan mengembangkan perdagangan di selat malaka, selain majapait, Sriwijaya adalah kerajaan Maritim tertua dan terbesar di nusantara, kekuasaan menyebar sampai ke selat malaka, seluruh Sumatra dan Kalimantan,sampai laut Jawa, posisi Sriwijaya sangat setrategis sebagai pelabuhan transitbagi pedagang Cina dan India, prasasti Nalanda, di India (680), berisi permohonan kepada kerajaan Nalanda untuk mendirikan wihara bagi pelajar Sriwijaya, prasasti kedukan bukit, (683), menyebutkan pendiri sriwijaya adalah Dapunta Hyangsri Jananegara Yang dengan 20,000 oerang mendudukan Minangkatawamwan . Raja darmasetu, berhasil membanguin pangkalan Militer di semenanjung Malaya di daerah ligor (775), prasasti kota kapur berbentuk segi enammemperingati usaha Sriwijaya untuk menaklukan bumi Jawa yang tidak tunduk kepada Sriwijaya (686), Sriwijaya tercatat sebagai pusat agama Budhasebab pendeta tinggi dari india, Darmapala dan Syakhyakitritinggal di sana(692), Dari prasasti ligor(775), di temukan nama Wisnu darikeluarga syilindra yang berasal dari jwa tengah (782-812),yaitu Sanggra Madananjaya (Nama ini juga di temukanpada prasasti kelurak (mataram hindu) pada abad ke-11 Sriwijaya di serang habis habisan oleh raja Rajendra dari kerajaan colomandala, India selatan, ibukotanya di duduki dan SanggramaWijayatunggawarman ditawan(prasasti tanjore, India  1030), kelak ketika Sriwijaya lemah, Singosari (1275), dan Majapahit (1377) menyerang pula.

 ²Menurut Prof.Dr. Poerbacakara , di jawa tengah hanya ada satu dinastiyaitu syailindra, sedangkan sanjaya adalah Raja pertama dari keluarga Syilindra yang bragama hindu. ada yang mengatakan bahwa rajanya bernama swelacala. ⁴Prasasti canggal ini menyatakan  “ … Lingga ini didirikan oleh Raja Sanjaya di Yawaduipa, negri yang kaya hasil bumi… sebelumnya kerajaan ini di perintah oleh Raja Sanna, yang bijaksana dan berhati lembut, … di ganti oleh Raja sanjaya yang pemberani dan ahli perang sehingga membuat rakyatnya merasa aman dan makmur. Lingga yang di tandai angklaCaka Cruti India rasa (senin 13  bagian bulan kartika), di dirikan untuk keselamatan Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: